Program


A.    Pendahuluan
 Long life education “Pendidikan Sepanjang Masa”. Artinya pendidikan itu dilakukan tanpa batas, karena pendidikan merupakan kebutuhan yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan yang semakin menuntut manusia beradab dan berkarakter.
Namun tidak bisa kita pungkiri bahwa pada proses belajar kadang ada gangguan belajar seperti kurangnya motivasi belajar yang ditunjukan dengan kurangnya konsentarsi, kurang fokus, malas belajar, dan lainya. Kadang pula orang tua tetap memaksakan kehendak mereka agar anak belajar berdasar pada keinginan mereka sendiri. Memang hal itu baik tapi hal itu merupakan pemaksaan yang dapat menumbuhkan keenganan anak dalam belajar. Mereka mau belajar karena mereka ketakutan.
TEdC yang merupakan singkatan dari Teaching Empowerment Character of Human with Natural Organization  in Education Center  yang memiliki makna  Pengajaran yang memberikan keleluasaan terhadap karakter/sifat manusia melalui pengelolaan secara mendasar  dalam bingkai pusat pendidikan.
TEdC  mencoba mengenalkan bagaimana memberikan pengajaran  yang efektif dan efisien kepada anak dapat termotivasi dengan sendirinya dimana anak  merasa terpanggil untuk belajar tanpa terpaksa.

B. VISI
Visi TEdC adalah BEST yang berarti terbaik. BEST merupakan makna dari:
· Be world in your hand (Menjadikan dunia dalam genggaman)
· Enlighment people wherever (Memberikan pencerahan kepada semua orang dimanapun berada)
· Sight in the future (Visioner)
· Take the sucses (Meraih Kesuksesan)

C. MISI
Misi TEdC adalah GOOD yang berarti baik. GOOD merupakan makna dari:
· Go … to sucsess with natural activities (Ayo... sukses melalui aktivitas natural)
· Oportunity(Pandai membaca peluang)
· Oriented goal is a focused (Fokus pada tujuan)
· Delaight and  happy is necessary (rasa senang dan kegembiraan merupakan kebutuhan)

D. TUJUAN
Tujuan TEdC adalah CHANGE atau adanya perubahan pada peserta didik TEdC. CHANGE memiliki makna peserta didik TEdC mampu:
· Creative thinking (memunculkan pikiran atau ide baru yang kreatif)
· Harmony mind and activities (keselarasan anatara pikiran dan aktivitas)
· Achieve to Sucsess (mencapai kesuksesan yang diinginkan)
· Nice learning (belajar dengan rasa senang)  
· Glory (mencapai kejayaaan) sehingga
· Empowerment and Enligthment (memiliki kemampuan yang dapat memberikan pencerahan pada dirinya dan orang lain)

E. METODE
Metode yang digunakan dalam TEdC adalah metode FAST yang memiliki makna cepat . Kata ini merupakan makna dari:
· Futuristic (Visioner)
· Active learning (Pembelajaran Aktif)
· Strategic learning (Belajar dengan strategi)
· Teachable (mudah diajarkan)

F. KOMITMEN
Komitmen TEdC adalah TRUST yang berarti dapat dipercaya. Kata ini merupakan makna bahwa tenaga Pendidik dan metode yang digunakan TEdC:
· Talented (memiliki beragam kemampuan)
· Ready (selalu sigap dan siap)
· Understanding (kesepahaman)
· Safety (aman dan nyaman)
· Tidy (teratur dan rapi)

G. PROGRAM DAN SASARAN
Program  yang diselenggarakan TEdC didesain sesuai dengan kebutuhan para peserta didik, yaitu:
1.      Baca dan Tulis
Program ini bertujuan agar peserta didik mampu menulis dan membaca dengan baik. Dalam program ini TEdC menggunakan TECHNO Smart Book yang  disusun secara sistematis oleh TIM TEdC yaitu Asep Irfan Rifa’i, S.Pd.I bersama Elis Nur Hasanah, S.Pd.I. Adapun sasaran dari program ini adalah  anak Pra TK, TK, dan SD yang belum mampu membaca dan menulis.

2.      Baca dan Tulis Lanjutan (Calistung)
Program ini merupakan program lanjutan dari program sebelumnya yang dikombinasikan dengan berhitung dengan sasaran  anak TK, dan SD.

3.      Private (Bimbingan Belajar)
Program ini merupakan program khusus bimbingan belajar semua mata pelajaran. Program  ini diperuntukan bagi siswa TK, SD, SMP, dan SMA.

4.      Baca dan Tulis Al-Quran
Program ini merupakan program khusus bimbingan belajar Al-Quran dengan menggunakan metode Quran Interaktif dan Iqra.  Program ini diperuntukan bagi siswa TK, SD, SMP, dan SMA.

5.      Leadership Training
Program ini merupakan program Pelatihan Kepemimpinan yang diperuntukan bagi siswa SD, SMP, dan SMA.

6.      Education Training
Program ini diperuntukan bagi para mahasiswa/ pendidik yang ingin meningkatkan kualitas  pengelolaan kelas, siswa, pendekatan, metode, media  dll.,  dalam Proses Belajar.

7.      Outbond
Program ini adalah program outdoor dengan berbagai kegiatan yang dikemas dalam permainan yang menarik  yang disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan training. Program ini bertujuan memberikan kesegaran berpikir, meningkatkan semangat dan motivasi melalui permainan sederhana namun bermakna. Adapun games yang menjadi panduan sudah tertuang dalam buku “50 games” yang disusun oleh Asep Irfan Rifa’i, S.Pd.I. Namun, Games yang digunakan sangat fleksibel dan dapat dikembangkan dan dimodifikasi.