A. Pendahuluan
Long life education “Pendidikan
Sepanjang Masa”. Artinya pendidikan itu dilakukan tanpa batas, karena
pendidikan merupakan kebutuhan yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan yang
semakin menuntut manusia beradab dan berkarakter.
Namun tidak bisa
kita pungkiri bahwa pada proses belajar kadang ada gangguan belajar seperti
kurangnya motivasi belajar yang ditunjukan dengan kurangnya konsentarsi, kurang
fokus, malas belajar, dan lainya. Kadang pula orang tua tetap memaksakan
kehendak mereka agar anak belajar berdasar pada keinginan mereka sendiri.
Memang hal itu baik tapi hal itu merupakan pemaksaan yang dapat menumbuhkan
keenganan anak dalam belajar. Mereka mau belajar karena mereka ketakutan.
TEdC yang merupakan singkatan dari Teaching Empowerment
Character of Human with Natural Organization in Education Center yang
memiliki makna Pengajaran yang memberikan keleluasaan terhadap
karakter/sifat manusia melalui pengelolaan secara mendasar dalam bingkai
pusat pendidikan.
TEdC mencoba mengenalkan bagaimana
memberikan pengajaran yang efektif dan efisien kepada anak dapat
termotivasi dengan sendirinya dimana anak merasa terpanggil untuk belajar
tanpa terpaksa.
B. VISI
Visi TEdC adalah BEST yang
berarti terbaik. BEST merupakan makna dari:
· Be
world in your hand (Menjadikan dunia dalam genggaman)
· Enlighment
people wherever (Memberikan pencerahan kepada semua orang dimanapun berada)
· Sight
in the future (Visioner)
· Take
the sucses (Meraih Kesuksesan)
C.
MISI
Misi TEdC adalah GOOD yang
berarti baik. GOOD merupakan makna dari:
· Go
… to sucsess with natural activities (Ayo... sukses melalui aktivitas
natural)
· Oportunity(Pandai
membaca peluang)
· Oriented
goal is a focused (Fokus pada tujuan)
· Delaight
and happy is necessary (rasa senang dan kegembiraan merupakan
kebutuhan)
D.
TUJUAN
Tujuan TEdC adalah CHANGE atau
adanya perubahan pada peserta didik TEdC. CHANGE memiliki makna
peserta didik TEdC mampu:
· Creative
thinking (memunculkan pikiran atau ide baru yang kreatif)
· Harmony
mind and activities (keselarasan anatara pikiran dan aktivitas)
· Achieve
to Sucsess (mencapai kesuksesan yang diinginkan)
· Nice
learning (belajar dengan rasa senang)
· Glory
(mencapai kejayaaan) sehingga
· Empowerment
and Enligthment (memiliki kemampuan yang dapat memberikan pencerahan pada
dirinya dan orang lain)
E. METODE
Metode yang
digunakan dalam TEdC adalah metode FAST yang memiliki makna cepat . Kata ini
merupakan makna dari:
· Futuristic
(Visioner)
· Active
learning (Pembelajaran Aktif)
· Strategic
learning (Belajar dengan strategi)
· Teachable
(mudah diajarkan)
F.
KOMITMEN
Komitmen TEdC adalah TRUST yang berarti
dapat dipercaya. Kata ini merupakan makna bahwa tenaga Pendidik dan metode yang
digunakan TEdC:
· Talented
(memiliki beragam kemampuan)
· Ready
(selalu sigap dan siap)
· Understanding
(kesepahaman)
· Safety
(aman dan nyaman)
· Tidy
(teratur dan rapi)
G.
PROGRAM DAN SASARAN
Program yang diselenggarakan TEdC
didesain sesuai dengan kebutuhan para peserta didik, yaitu:
1. Baca dan Tulis
Program ini bertujuan agar peserta didik mampu menulis
dan membaca dengan baik. Dalam program ini TEdC menggunakan TECHNO
Smart Book yang disusun secara sistematis oleh TIM TEdC yaitu
Asep Irfan Rifa’i, S.Pd.I bersama Elis Nur Hasanah, S.Pd.I. Adapun sasaran dari
program ini adalah anak Pra TK, TK, dan SD yang belum mampu membaca dan
menulis.
2. Baca dan Tulis Lanjutan (Calistung)
Program ini merupakan program lanjutan dari program
sebelumnya yang dikombinasikan dengan berhitung dengan sasaran anak TK,
dan SD.
3. Private (Bimbingan Belajar)
Program ini merupakan program khusus bimbingan belajar
semua mata pelajaran. Program ini diperuntukan bagi siswa TK, SD, SMP,
dan SMA.
4. Baca dan Tulis Al-Quran
Program ini merupakan program khusus bimbingan belajar
Al-Quran dengan menggunakan metode Quran Interaktif dan Iqra. Program ini
diperuntukan bagi siswa TK, SD, SMP, dan SMA.
5. Leadership Training
Program ini merupakan program Pelatihan Kepemimpinan yang
diperuntukan bagi siswa SD, SMP, dan SMA.
6. Education Training
Program ini diperuntukan bagi para mahasiswa/ pendidik
yang ingin meningkatkan kualitas pengelolaan kelas, siswa, pendekatan,
metode, media dll., dalam Proses Belajar.
7. Outbond
Program ini adalah program outdoor dengan berbagai kegiatan yang dikemas
dalam permainan yang menarik yang disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan
training. Program ini bertujuan memberikan kesegaran berpikir, meningkatkan
semangat dan motivasi melalui permainan sederhana namun bermakna. Adapun games
yang menjadi panduan sudah tertuang dalam buku “50 games” yang disusun oleh
Asep Irfan Rifa’i, S.Pd.I. Namun, Games yang digunakan sangat fleksibel dan
dapat dikembangkan dan dimodifikasi.